Saturday, May 9, 2009

MENAMBAHKAN VISITOR COUNTER DAN STATISTIK KEDALAM BLOG

Sesudah blog jadi, sudah dikasih lokasi akses visitor, dan buku tamu mini, sekarang kita akan menambahkan visitor counter/jumlah pengunjung yang telah mengunjungi blog kita sekaligus statistiknya. Statistik disini maksudnya adalah jumlah pengunjung, berapa kali pengunjung tersebut melihat halaman anda (page view), Google pagerank, Google indexed page/halaman yang terindex oleh google, Google backlink, Yahoo indexed page, Yahoo backlink, MSN indexed page, Alexa traffic rank, today uniqe visit, today page view, all uniqe vistit dan all page view, online visitor dan itu semua bisa ditambahkan kedalam blog/website anda dengan hanya menambahkan satu gadget saja yaitu SEO stats dari http://mypagerank.net. Langsung aja buka http://mypagerank.net dan klik SEO stats pada menu bagian kanan, maka akan tampil halaman berikut :
seo stat http://mypagerank.netYang perlu anda lakukan adalah mengisikan alamat blog/website anda pada kotak isian Site URL untuk kemudian anda tinggal memilih apa saja yang ingin anda tampilkan pada SEO stats tersebut melalui radio button di bawahnya. Untuk Background color, text color, border dan indicator color silahkan sesuaikan dengan selera anda atau dengan menyatukannya dengan warna pada blog/website anda. Kemudian masukan kode proteksi dan klik tombol submit.
Copy dan tempelkan code yang sudah digenerate oleh mypagerank.net kedalam blog anda, cara menempelkannya sama dengan cara menambah feedjit.
Ada kelemahan dalam SEO stats dari mypagerank.net yaitu kita akan dihitung sebagai uniqe visitor lagi setelah kita idle selama 5 menit kemudian me-refresh lagi halaman blog/website yang kita pasangi SEO stats tersebut, dan ini tentu saja berpengaruh terhadap uniqe visit sebenarnya. Untuk mengatasinya disarankan untuk memasang gadget visitor counter seperti yang dari hitstats.com atau ministat.org, saya sarankan untuk menggunakan ministat.org karena hitstats.com berbasis flash yang tidak bisa tampil pada browser yang belum terinstall flashplayer sedangkan ministat.org berbasis image yang dapat tampil disemua browser termasuk operamini untuk akses dari ponsel.

0 comments: