Wednesday, April 29, 2009

MEMBUAT GADGET FEEDJIT

Setelah blog dan template sesuai dengan selera masih ada beberapa hal yang kurang, selain gadget standar blogger yang siap digunakan seperti arsip blog, link atau tautan, label dan lain-lain. Yang harus ada karena kegunaannya diantaranya yaitu, pertama feedjit yang berguna melacak dari situs mana pengunjung blog anda datang dan dimana pengunjug blog tersebut mengunjungi blog anda, yang kedua comment untuk pengunjung dan ini berguna juga untuk mendatangkan pengunjung dengan blog walking, ketiga statistik blog yang berguna untuk melihat berapakah pengunjung anda secara keseluruhan dan berapa pengunjung blog anda hari ini, yang terakhir adalah iklan (kalo biasa sih adsense yang CPC nya gede ^_^) baik berbentuk banner atau gambar ataupun yang berbentuk text link yang akan memberikan anda penghasilan jika ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut ^_^.
Yang akan dibahas disini adalah yang pertama, yaitu menambahkan feedjit kedalam halaman blog anda, untuk itu buka homepage feedjit di http://feedjit.com, kemudian klik tomblo get FEEDJIT yang terletak di kanan atas, kita akan memakai yang gratisan jadi scroll halaman kebawah sampai pada :"You can also Choose a FREE widget based on your Blog Host" dan karena kita memakai blogger dan feedjit sepenuhnya mendukung blogger maka kita bisa memilih mode js (javascript) widget atau image widget, disarankan untuk tidak memilih image widget karena akan memperlama load blog/website anda, klik get js widget maka akan muncul pilihan apakah anda akan menggunakan live traffic feed, recent visitors, visitors to this page also liked, atau popular pages today. Misalkan anda ingin menambahkan live traffic feed maka anda tinggal klik kode javascript yang terletak pada text area yang terletak diatas preview widget. Ketika dikilik seluruh text area akan otomatis terblok semua jadi anda tinggal copy untuk kemudian di-paste-kan ke gadget html/javascript, untuk mencegah hilangnya clipboard kode yang telah kita copy tadi simpan/paste-kan dulu ke notepad.
Kode feedjit sudah kita dapat maka kita tinggal menempelkannya saja ke blog kita. Login ke blogger, kemudian pilih tab layout/tata letak dan pilih elemen halaman

kemudian klik add gadget/tambah gadget, maka akan muncul jendela baru seperti tampak pada gambar berikut :


Klik HTML/javascript dan paste-kan kode yang telah kita copy tadi pada kotak konten dan untuk title/judulnya bisa dikosongkan atau diberi title seperti misalnya lokasi akses/asal pengunjung.
Kalau gadget anda sudah banyak dan ingin memindahkan urutannya anda tinggal seret dan letakkan sesuai selera, preview/pratinjau dulu blog bila perlu dan terakhir save/simpan elemen halaman. Finish.

0 comments: