Friday, May 1, 2009

MENAMBAHKAN GADGET CHATBOX / BUKU TAMU MINI

Setelah feedjit yang bisa menampilkan asal pengunjung, sekarang kita akan melengkapi blog/website dengan chatbox untuk lebih melengkapi interaksi dengan pengunjung. Yang akan kita pakai disini adalah shoutmix, kenapa harus shoutmix? karena shoutmix memiliki fitur autocomplete yang tersimpan melalui cookie, sehingga jika kita sudah pernah mengirim komentar ke sebuah website/blog yang menggunakan shoutmix kemudian mengunjungi website lain yang menggunakan shoutmix, maka username dan urlnya sudah nempel dan ketika mengetikan karakter pertama yang sama pada greeting kita sebelumnya akan langsung muncul kalimat lengkapnya, hal ini sangat berguna jika kita akan menaikan traffic ke blog kita dengan saling berkunjung ke blog lain dan memberikan komentar di shoutmix dan biasanya para blogwalker juga akan ikut berkunjung ke blog kita.
Saya asumsikan disini bahwa anda sudah memiliki sebuah email dan website/blog, karena yang untuk pendaftarannya menggunakan email dan tentu saja akan dipasang pada sebuah website/blog, bagi yang belum memilikinya silahkan lihat posting terdahulu. Langsung saja pergi ke http://shoutmix.com dan klik create untuk membuat sebuah akun.

tampilan homepage shoutmix

Anda akan dibawa ke halaman registrasi, masukan shoutboxID, password, nama dan email, kemudian centang I have read and agree to the Terms of Service dan klik continue. Pada halaman berikutnya anda diminta untuk memilih style dari shoutmix yang akan digunakan, pilih yang sesuai kemudian klik continue dan akan tampil halaman thank you, langsung klik control panel. Pada halaman selanjutnya anda bisa menyesuaikan konfigurasi display, security, dan general seting, untuk langsung menggunakan tampilan dan setingan default langsung aja klik get codes. Sesuaikan lebar/width dan tinggi/height agar pas dengan tempat dimana gadget ini akan dipasang dan kemudian blok dan copy kode dibawahnya utuk ditempelkan pada website/blog kita, cara menempelkannya pada blog sama seperti cara membuat gadget feedjit. FINISH.

0 comments: