Saturday, April 25, 2009

CARA MEMBUAT EMAIL

Email merupakan alamat kita didunia virtual, jadi kalau sampai saat sekarang anda belum juga memiliki sebuah akun email bisa dikatakan belum diakui eksistensinya didunia internet, karena belum memiliki alamat surat virtual.
Banyak penyedia email gratisan yang bisa dipilih untuk menyimpan dan mengirim surat elektronik kita, diantaranya adalah google mail, yahoo mail, hotmail, dan lain lain. fitur yang diberikan oleh google ketika sudah memiliki email dari google diantaranya :
  1. Blogger, untuk membuat blog seperti blog ini, anda bisa membuat blog setelah memiliki akun google, blog anda akan beralamat http://terserah-anda.blogspot.com.
  2. Google Site, situs gratisan.
  3. Google Groups, mailing list gratis.
  4. Picasa Web Albums, tempat anda untuk menyimpan gambar gratis.
  5. Google Docs, tempat untuk menyimpan dokumen gratis.
  6. Dan banyak lagi dari google. Kalau sudah daftar email coba akses ini.
Untuk fitur dari yahoo silahkan lihat sendiri. Karena yang akan dibahas disini hanya tentang google, cara membuat blog, menambahkan pernak pernik blog, monetize blog, optimasi blog, dan lain-lain yang keseluruhannya memanfaatkan fasilitas gratis yang diberikan oleh google.
Lanjut ke cara membuat email di google.
pertama masuk ke alamat : http://mail.google.com, pada bagian sebelah kanan ada form login, kalau sudah punya akun google tinggal masukan nama login yang sudah terdaftar kemudian masukkan password kemudian klik login/masuk. untuk yang belum memiliki akun klik signup/daftar.
Gambar diatas adalah tampilan dari form pendaftaran, isikan nama depan dan nama belakang sesuai dengan nama anda, nama login adalah alamat email kita, pilihlah yang sesuai dengan yang diinginkan (tidak harus sama dengan nama asli), nama login atau alamat email hanya boleh menggunakan karakter huruf, angka dan titik.
Setelah mengisi nama login klik tomblol cek ketersediaan karena bisa jadi alamat email yang anda inginkan sudah dimiliki oleh orang lain, setelah nama login sesuai dengan keinginan dan tersedia lanjutkan dengan mengisi password/sandi untuk akun anda, sandi minimal 8 karakter bisa berupa huruf atau angka, lanjutkan dengan mengetikan kembali password pada kotak konfirmasi password.
Langkah berikutnya adalah memilih pertanyaan rahasia yang akan digunakan untuk menanyakan kepada anda ketika anda lupa password dan request password kepada pihak google, maka pertanyaan yang anda pilih yang akan ditanyakan kepada anda dan diharapkan hanya andalah yang tahu jawaban dari pertanyaan tersebut. Setelah memilih pertannyaan rahasia kemudian ketikkan jawaban anda, diharapkan hanya anda yang tahu jawabannya.
Email sekunder diisi hanya jika anda sudah memiliki akun email tapi bukan email dari google, anda bisa mengosongkan isian ini jika belum memiliki akun email lain.
Langkah selanjutnya adalah mengetikkan verifikasi kata sesuai dengan yang tampak pada gambar, hal ini dimaksudkan untuk mencegah otomatisasi pendaftaran email melalui software/robot.
Langkah terakhir adalah baca syarat-syarat layanan google (bisa juga dilewati) kemudian klik tombol "Saya menerima. Buat akunku". Dan anda akan dibawa ke halaman selamat datang kemudian klik lagi saya siap. tampilkan akunku.
Selesai. Anda sudah mempunyai sebuah email.

Selanjutnya : Langkah-langkah membuat blog.

0 comments: