Wednesday, August 12, 2009

CARA MENAMBAHKAN RECENT POST PADA BLOG

Untuk menambah betah pengunjung blog dan meningkatkan pageview yang otomatis akan menaikkan alexa rank blog kita selain dengan menambahkan related post adalah dengan cara menampilkan recent post pada blog. Untuk menggunakan fasilitas ini secara instan bisa dilakukan dengan feedburner. Feedburner sendiri merupakan salah satu service yang diberikan google secara gratis, untuk bisa masuk ke feedburner kita bisa langsung login dengan menggunakan akun google kita.

Sebelum kita menambahkan recent post, sebelumnya kita harus mandaftarkan blog kita ke feedburner. Caranya adalah dengan memasukan alamat blog kita di kotak dibawah tulisan "Burn a feed right this instant. Type your blog or feed address here:" tentunya sesudah kita login terlebih dahulu. Setelah memasukan alamat blog klik next dan akan tampil dua pilihan (untuk blogger blog) yaitu misalnya "WARNET CIGUGUR - Atom: http://warnetcigugur.blogspot.com/feeds/posts/default" atau "WARNET CIGUGUR - Atom: http://warnetcigugur.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss" untuk pilihan ini terserah mau pilih yang mana, kemudian klik next maka akan keluar alamat feed kita yaitu misalnya "http://feeds.feedburner.com/WarnetCigugur" copy alamat ini dan pastekan kedalam pengaturan feed situs blog terkait yaitu pada kotak "Posting URL Pengubahan Arah Feed" dan klik simpan pengaturan. Lanjut kembali ke feedburner, klik next terus hingga hilang tulisan nextnya ^_^. Dan blog anda sudah terdaftar di feedburner. Untuk menampilkan recent post adalah dengan menambahkan elemen halaman pada tab tata letak, klik tambah gadget dan pilih feed, pada url feed isikan alamat dari feedburner tadi yaitu misalnya "http://feeds.feedburner.com/WarnetCigugur" klik lanjutkan dan kemudian simpan. Selesai.

Di blog warnet cigugur ini tidak ditampilkan recent post karena halamannya sudah terlalu penuh dengan iklan dan banner. Dan perlu diketahui gadget feed ini bisa berisi feed situs lain walaupun bukan milik kita, misalkan kita ingin blog kita berisi berita dari okezone.com maka alamat feednya adalah "http://sindikasi.okezone.com/index.php/news/RSS2.0".
Silakan bereksperimen.


Related Topics :

0 comments: